bulan-bulanan 4 bulanan

terjebak menjadi keturunan jawa atau bergabung dalam satu keluarga jawa mempunyai konsekuensi menjaga ke-jawa-an itu. satu pertanyaan saya adalah mengapa jawa sangat orang tua-sentris?! tidak boleh begini karena kata orang tua dulu begini, harus begini karena kata orang tua dulu bilang begini…hei bawa saja orang tua itu kesini dan mari kita tanya bersama.

kalau anda orang jawa coba anda ingat berapa kali anda terlibat pada ritual dalam hidup anda? saya melaluinya beberapa kali ruwatan, sunatan, manten, nggunduh mantu, dan beberapa acara lain di masa mendatang. ruwatan biar saya hidupnya aman dan tidak dimakan batara kala, yaitu raksasa dari setra ganda mayit sebuah kerajaan dibawah tanah. ini batara kala memang suka makan anak-anak yang belum diruwat karena rasanya mak nyuss buat dia! sunatan sebenarnya adalah perintah agama dan tidak perlu diterangkan juga toh apalagi prosesinya! manten ya pernikahan, ini sebuah paket ritual yang panjang.

kalau saya bilang ada beberapa lagi di masa mendatang sebenarnya tidak terlalu lama juga, karena saya masih akan menghadapi 4 bulanan dan nanti akan ada 7 bulanan, turun tanah dan seterusnya. saat 4 bulan adalah saat bayi ditiupkan ruh-nya, tentu saja bukan oleh kami orangtuanya. maka saat itu adalah ‘critical time’ yang perlu dijaga dan dikawal agar selamat-setidaknya itu yang menjadi dasar ritual diatas. yah saya hadapi dulu 4 bulanan ini yang menjadi bulan-bulanan. kami yang muda lebih suka berpikir sederhana, atau mungkin alasan kesederhanaan itu hanya ‘excuse’ terhadap macam-macam kerumitan acara itu. tapi ‘excuse’ itu tidak salah juga toh!

kalau ingin jujur sebetulnya saya ingin yang sederhana…buat kantong saya itu diartikan menjadi murah dan cepat. tapi setelah berpikir apakah alasan itu bisa diterima? tidak. tidak karena sepertinya saya berhitung dengan anugerah yang saya terima, ini bukan prinsip ekonomi menerima sebanyak-banyaknya dengan modal sekecil-kecilnya. kalau kata Einstein Tuhan tidak bertaruh pada alam semesta ini, maka harusnya saya tidak berhitung juga dengan-Nya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s