the big lake

apa arti angka 5 buat indonesia? tentu saja pancasila, sholat 5 waktu, si keluarga pandawa, pemilu! baik itu pemilihan umum yang baru terasa sekarang atau pemilihan ulang selama orde baru. begitu kuatnya roh angka ini sampai presiden orde baru soeharto membuat rencana pembangunan dalam 5 tahunan. jadi selama ordebaru angka ini adalah nomor sakti.

lalu buat jakarta apakah berita yang dibawa oleh angka lima? berita apa, mas! yang ada banjir 5 tahunan kata teman saya yang ber-ktp kelapa gading. kenapa hujan yang turun setiap tahun tetapi banjirnya setiap lima tahun, jadi hujan jelas punya alibi sebagai biang kerok masalah penduduk jakarta. sewaktu saya kuliah, dosen saya bertaruh sama kami yang sedang mendengarkan dengan ngantuk. dia bertaruh pasti ketika kami keluar dari ruang kuliah akan menemukan jalan yang ada genangan airnya. saya pikir tentu saja ada kondisi itu tanpa melihat arti mikro dari taruhan itu, maklum dosen saya ini mengajar kuantum jadi hal-hal subatomik adalah makansiangnya.

kembali ke jakarta, apa memang benar yang salah adalah alam?! mungkin juga benar, mari kita ingat waktu pelajaran ilmu pengetahuan alam di tahun pertama sekolah dasar. mahluk hidup itu dibagi menjadi tiga: manusia yang pertama, hewan dan yang terakhir tumbuhan-mungkin karena mereka pasif dan rantai makanan paling bawah. pembagian ini menjadi ciut saat smp, bahwa manusia juga dikelompokkan dalam kingdom animale.

jadi saudara sekalian, memang benar yang dikatakan calon gubernur jakarta bahwa kejadian banjir adalah faktor alam. tidak sepaham? begini pendapat saya; waktu hujan turun berjuta-juta titik air terjun bebas ke bumi, sebutlah satu titik itu bogor atau depok, kebetulan di dua kota itu para koloni tumbuhan pohon semakin punah. saringan air jadi hilang dan sialnya tidak diresap tanah yang semakin tertutup semen. nah tersangka satu-si tumbuhan dinyatakan bersalah karena lalai tidak berada di tempatnya.

selesai! ternyata masih jauh dari tuntas. para pohon ini bersaksi kalau ketidakada-an mereka karena mereka dipindahkan dengan paksa. oleh siapa menjadi pertanyaan berikutnya, namun karena keterbatasan aparat kita maka sampai sekarang aktor intelektual itu masih buron. tapi tersangka satu-si tanaman yang kini sudah menjadi terdakwa memberikan satu petunjuk yang kabur. aktornya juga bagian dari alam! jika demikian berarti ada dua kemungkinan si hewan atau manusia. ketika semua berdengung mencari pelaku utama antara hewan dan manusia, saya malah menjadi bingung jangan-jangan mereka adalah satu wujud dengan banyak bentuk. dan sekarang sudah mulai musim hujan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s