embah

foto: flickr (UPC)

trending topics di twitter kemarin adalah mbah surip. mbah 60 tahun pecandu kopi ujug-ujug jadi ikon baru di indonesia. dengan topi rasta, rambut gimbal, dan ngakaknya orang-orang berharap bisa membuang stresnya dengan melihat mbah. mungkin kadang tidak lucu tapi kebutuhan kita untuk menyingkirkan mendung di otak adalah dengan meminjam kejenakaan mbah surip lebih besar. si mbah tiba tiba jadi sugih, dari rbt dia dapet 4.5 milyar…fenomenal! mungkin lagunya ndak evergreen seperti chrisye dan kla tapi ya itu tadi syair ‘tak gendong’ sudah seperti semacam burung beo, menarik saja untuk didengar.

mbah kecapean katanya, dan kemarin dia meninggal karena serangan jantung. facebook geger, twitter bercuit-cuit soal si embah…kita sedih bukan karena ajal yang menjemput embah tapi-seperti mengutip status fb temen saya-kenapa orang yang membuat kita tertawa cepat menghilang bukan mereka yang bikin onar. tidak tahu apakah karena kita lebih lebih menjadi ‘manusia’ saat sedih daripada tertawa?. manusia lebih peduli, lebih toleran, lebih solider saat ditimpa kesedihan daripada saat bungah. ndak tahu.

kita ini mau gimana? anak kecil diekploitasi, embah embah juga diperah. itu seperti karma dunia hiburan, toh di dunia ini semua tunduk dengan ‘sistem seimbang’. ada yang terhibur tapi ada yang terpaksa di mata koin yang lain. bob marley meninggal saat 36 tahun, sebelum meninggal di memanggil ziggy-anaknya dan bilan ‘money can’t buy life’..kok kebetulan dengan garis mbah surip.

Iklan

Satu pemikiran pada “embah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s