28 oktober

800px-kongrespemuda2di tahun 1928, orang orang muda indonesia dari sumatera sampai ambon melego visi mereka dalam sumpah pemuda. setiap mendengar kata sumpah pemuda pikiran progrsif saya ini selalu sok nantang ‘memangnya semuda apa mereka?’, ini hasil temuan saya

mohammad yamin, orang sawahlunto yang juga salah satu perintis kemerdekaan dan anggota BPUPKI..pada saat konggres pemuda berusia 25 tahun.

sunario sastrowardoyo, berlatar pendidikan hukum lulusan belanda dan pernah menjadi menteri luar negeri pada 1953 – 1955. beliau adalah orang terakhir yang berpidato di konggres tersebut berusia 26 tahun.

wr supratman yang memperdengarkan indonesia raya di konggres itu baru genap berusia 25 tahun. sedangkan dia menciptakan indonesia raya pada umurnya yg ke 21.

dan satu lagi adalah sugondo djoyopuspito, anak muda yang memimpin konggres itu masih berusia 24 tahun.

memangnya kenapa saya harus nakal dengan menantang kepemudaan mereka? karena yg saya tahu saat ini organisasi kepemudaan dipimpin oleh orang yang usianya mungkin beda 2 digit tahun dari anak muda di konggres pemuda 28 oktober 1928 itu!

sukarno sesumbar ‘ berikan aku 100 orang tua maka akan kupindahkan gunung, berikan aku 10 orang pemuda dan akan kuguncang dunia’ lho jadi ngguncang dunia itu sopo? atau yang memindahkan gunung itu sopo? toh tetap pemuda jadi semacam baskom ekspektasi. semua menaruh harap bahwa inilah anak anak yang nanti akan menggantikan yang tua. mereka yang diharapkan nanti jadi pemimpin (walaupun saat memimpin sudah ndak muda lagi).

di salah satu lapangan parkir depan balairung ui, temen satu angkatans saya bilang

‘payah anak baru lembek’ emang udah ditowal towel koq tahu

nah ini semacam bakteri suprematus senioritus, merasa masa mereka lebih berat dan jaman adik adik mereka lebih toleran. saya termasuk orang yang nggak yakin bahwa generasi saya lebih ‘tahan’ dibanding generasi dibawah saya. komentar soal anak baru yang lembek seperti orang kentut tapi ndak bau…maksudnya biar perut nggak jadi kembung saja. masalahnya komentar seperti itu selalu ramai saat angkatan baru masuk…hei pren udahlah.

singkong itu mengkel direbus atau digoreng enak, nah tape diperem juga mak nyuss.

 

Satu pemikiran pada “28 oktober

Tinggalkan Balasan

