kitchen kabinet (2)

kalau anda megikuti tulisan saya maka pasti tahu soal kitchen kabinet saya dan juga ceritanya. sedikit mereview, anggota kabinet awal adalah mpok ani, dia tipe staff yang kritis, rajin tapi agak kurang perhitungan. kemudian staff untuk periode kedua apalah mpok mini, jam terbang mumpuni tapi tidak bisa membaca dan menulis…rawan untuk dikibulin oleh tukang sayur, terutama bila para tukang sayur ini mengeluarkan L/C fiktif-gimana bisa tahu wong ndak bisa baca jeh! dengan alasan jam terbang tinggi itu, perdana menteri saya (istri saya) mau merekrutnya dalam kitchen kabinet jilid II. sebulan terakhir tepat saat istri saya mengevaluasi 100 hari kinerja kabinet, mpok mini mengalami degradasi prestasi..sebetulnya saat hari pertama kerja sudah terjadi kehebohan saat baju dinas saya sebagai kepala negara yang pulang pergi naik kereta dicuci dengan pembersih lantai! maklum ndak bisa baca!. tapi yang membuat kami masih mempertahankan mpok mini karena secar jentelmen mengakui kesalahan dan minta maaf..ndak seperti bapak bapak kita yang mbulet kalau buat salah.

kembali ke degradasi prestasi tadi, dalam sebulan mpok mini sering absen dalam tugas tanpa memberitahu. keadaan ini membuat gusar istri saya dimana sebagai perdana menteri, dia harus mencitrakan dirinya sebagai kepala pemerintahan yang mumpuni…maklum di negara saya penganut sistem parlementer bukan presidensial sehingga roda pemerintahan dijalankan oleh perdana menteri. kegusaran itu akhirnya sampai ke telinga saya, nah sebagai kepala negara saya menganut beberapa ‘kaidah pokok’ yaitu ‘pokoknya saya tahu beres’ 🙂

‘ya sudah kalo gitu aku akan melakukan reshuffle kabinet!’ kata istri saya dengan tegas

‘lho jangan buru buru, dipertimbangkan dulu’ sebagai kepala negara di sistem parlementer ya harus bijaksana

‘sudah dipertimbangkan melalui pemikiran yang panjang’ wah..sebenernya istri saya ini cocok jadi politisi dengan ke-kekeuhan-nya

‘nanti mitra koalisi-mu bagaimana??’

‘koalisi opo? saya ini memimpin bukan lagi single majority tapi sudah absolut!’…iya bener juga ya!

‘ya sudah kalau begitu, lanjutkan yang penting jangan sampai terjadi huru hara seperti di thailand’

nah..dasar memang istri saya yang hebat, dua hari lalu sudah ada staff ad interim di kitchen kabinet, kami memanggil mbok saja. buat orang jawa, mbok itu memiliki arti sangat dalam! penyabar, halus dan loyalitasnya yang hampir tanpa batas. sialnya buat mpok mini adalah dia justru kembali absen  saat mbok memulai tugasnya!

doktrin bahwa kompetisi itu membawa perbaikan ada benarnya, kemarin saat mpok mini masuk, dia memperlihatkan kinerja yang baik bahkan lebih rajin dan lebih berinisiatif dari biasanya..tuh kan kompetisi membawa perbaikan. mungkin mpok mini tahu bahwa kinerjanya sedang disorot dan rapornya bukan biru, oleh karenanya dia harus mengejar nilainya agar menjadi biru lagi.

‘gimana nih pak? jadi di reshuffle ndak?’

‘lhoh kan kamu kemarin udah yakin akan memakzulkan mpok mini’

‘tapi kasian juga pak’

‘nah kemarin yang bilang absolut absolutan sopo? ini ndak absolut nih namanya

‘ya udah bu nanti kita buat satgas nya dulu untuk menilai apakah rekomendasi kamu bisa dijalankan atau ndak’

‘tapi pak, jangan kelamaan menindaklanjuti rekomendasi nya’

‘ndak..ndak..emang aku SiBuYa opo?’

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s