film holywood

MPAA (Motion Picture Association of America) mutung! karena pemerintah hendak mengenakan pajak distribusi maka distributor film holywood mengancam mengembargo produknya masuk ke indonesia…sangat khas amerika! nah topik ini langsung di respon warga secara negatif…sangat khas indonesia 🙂

apakah kebijakan yang berasal dari dirjen pajak ini tepat? sejujurnya saya tidak tahu, sumpah! sampai tadi pagi saya baru mendapat sejumput referensi, di media indonesia hari ini, tokoh perfilman nasional – Deddy Mizwar- mengeluhkan pajak produser lokal lebih mahal daripada pajak import film asing. macam perusahaan tambang kali ya? sedot emas, bayar murah ke negara, sewa tentara, dsb.

masyarakat khawatir yang terjadi adalah banjir film hantu dan film cabul yang dianggap ngga mutu, nggak mendidik, nggak intelektuil, nggak level, dan nggak-nggak. sementara kita masih intens membicarakan soal babi ngepet, tuyul atau penampakan lain waktu makan siang atau download video cabul mirip artis…..sungguh menyenangkan menjadi orang sinis di negeri yang standarnya ganda!

dari hasil wawancara imajiner saya terhadap beberapa tipe orang, didapat hasil seperti demikian dibawah;

orang yg ekonomis, ‘baguslah,…nonton minimal 15.000, kalau dvd bajakan 7.000, beli sepuluh gratis satu’

orang nasionalis, ‘broer, ini adalah bentuk ketahanan nasional, bila kita dibombardir film kapitalis ini maka hancurlah nilai nilai kearifan lokal’…lho lu nasionalis apa sosialis???

moviegoers,’ohhh, noooooooooooooo…..houu c4N’ selain moviegoers, dia ternyata juga 4LaY

banci nobar (nonton bareng), ‘ga papa, nonton apa aja deh, kalaupun film G30S PKI juga tancap’ …..freakk!

pengusaha bioskop,’sorry mas, saya ndak ada waktu saat ini karena saya lagi mempelajari franchise alfamart!’ …..hah???

artis lokal yg tak mau disebut namanya, ‘bagus dong, berarti film lokal akan jadi tuan rumah di negeri sendiri….eh mas btw saya juga setelah main film mau bikin album lhoh’

pembuat film indie, ‘sorry pertanyaan Anda terlalu mainstream’…eh???

abg yg mau nembak, ‘ terus aku mau nembak dia dimanaaaa???mikirrr dong pemerintah’…lah lu yg mau nembak kok pemerintah yang ribet

pesimis dan penggemar teori konspirasi,’ah inipun akal-akalan menuju 2014, manuver politik busuk’

tukang karcis bioskop, mmm lagi autis dia tidak bisa diinterview sibuk bbm-an karena ngga ada penonton

tukang bikin poster film,’alamak, macam mana ni, masa ku harus tunggu order bikin kaus pemilu…masih lama tuuu’..selain masih lama kadang ga dibayar lae!

pak presiden,’saya sungguh mengerti kecemasan masyarakat, tetapi ini ditujukan untuk memajukan perfilman nasional. saya instrusikan…harap dicatat ini adalah instruksi saya yang ke 1071, kepada menteri pariwisata dan dirjen pajak untuk memberi solusi terbaik agar tercipta win win solution. dan ingat saya dukung langkah langkah positif dirjen pajak untuk memberikan pajak distribusi film import…asal jangan pada distribusi album…karena saya berencana membuat lagi menjelang lengser!’

kalau saya? ‘saya mau ke ambas gador aja’…Anda bagaimana?

 

Tinggalkan Balasan

